WILUJENG SUMPING di PMR A_One SMPN 1 ARJAWINANGUN-CIREBON

SEBUAH PERSEMBAHAN DARI ANAK BANGSA UNTUK NEGERI ,PALANG MERAH REMAJA ( PMR ) adalah organisasi yang netral dan independent, yang Melakukan kegiatannya demi kemanusiaan, kesukarelaan, kenetralan, kesamaan, kemandirian, kesatuan, dan kesemestaan

Menu

Selasa, 29 Mei 2012

MATERI LDK5


KOMITE / KEPANITIAAN


A. PEDOMAN MENENTUKAN PANITIA (KOMITE)

Pikiran pokok yang mendorong dibentuk suatu panitia komite untuk suatu tugas tertentu adalah : jika jelas nyata bahwa sebuah panitia akan memberikan lebih banyak faedah, baik dipandang dari hasil. Cara kerja maupun dari sudut lain. Beberapa patokan dimana pekerjaan panitia lebih bermanfaat antara lain :
a.       Bila ada sesuatu masalah yang akan ditangani dibutuhkan keterangan dan pendapat dari tenaga ahli misalnya dalam mengadakan perencanaan dimana diperlukan pendapat dan pertimbangan dan pengalaman merewka dalam masing-masing lapangan.
b.      Untuk suatu hajat yang membutuhkan kerja sama dari beberapa bagian. Misalnya, dalam suatu pimpinan perusahaan yang sedang berkembang pada suatu ketika keuangan menghadapi kesulitan karena macet, maka untuk mencari jalan keluar perlu didirikan suatu komite yang terdiri dari manager penjualan, pembelian, produksi dan keuangan. Tujuan komite tersebut adalah untuk mengadakan koordinasi antara keuangan perusahaan dengan kebijaksanaan penjualan, pembelian, produksi sehingga dapatlah diatasi kemacetan keuangan tersebut. Pembelian dalam produksi disesuaikan dengan kekuatan keuangan dan penjualan lebih dipergiat, penagihan atas piutang dijalankan dengan terus menerus.
c.       Bila sebuah organisasi menghadapi persoalan yang akibat buruknya akan dirasakan oleh seluruh anggota organisasi, maka perlu sekali untuk membentuk suatu komite guna memecahkanpersoalan yang khusus itu/.
Organisasi Intra Sekolah (OSIS) pada suatu saat menghadapi persoalan yang bersifat sementara dan harus secepat mungkin ditanggulangi dengan segera, untuk keperluan tersebut perlu dibentuk panitia khusus yang membahas persoalan itu.
Yang dipilih menjadi panitia hendaknya yang representatif. Perlu diperhatikan bahwa setiap pekerjaan yang akan dikerjakan oleh panitia itu akan memerlukan kecakapan serta ketangkasan, karena pekerjaan ini memerlukan waktu yang singkat serta kerapian kerja, maka anggota yang duduk adalam sebuah panitia mewakili sebagian golonghan yang berkepentingan.

B.  ASPEK-ASPEK YANG MERUGIKAN DALAM KEPANITIAN
Seperti yang telah disebutkan bahwa metode ini juga mempunyai aspek yang tidak memuaskan, antara lain :
Karena terdiri dari beberapa anggota dengan tanggung jawab yang beraneka ragam serta latar belakang yang berbeda-beda pula, maka pekerjaan panitia itu dapat tersesat jalannya, apabila dalam panitia terdapat beberapa pendapat yang berbeda-beda atau bertentangan dengan yang didukung oleh sebagian keputusan, maka pendapat-pendapat inilah mungkin yang tidak menghasilkan keputusan, bahkan melahirkan tiga fikiran yang  berbeda.
Waktu yang harus disediakan dan ongkos-ongkos yang dikeluarkan merupakan hal-hal yang harus diperhatiaka dan selalu diperhitungkan. Mungkin sekali anggota panitia harus mengadakan perjalanan keberbagai tempat untuk memperoleh lebih banyak keterangan.

C. PETUNJUK DALAM MENJALANKAN PANITIA DENGAN EFEKTIF
v  Rumuskanlah kewajiban-kewajiban dan tanggung jawab panitia yang akan dibentuk itu dengan tegas dan terang
v  Pilihlah anggota panitia sesuai dengan kemampuannya
v  Berikanlah bantuan yang cukup kepada panitia
v  Rumuskanlah prosedur yang tepat sehingga gerak yang efektif dapat diharapkan
v  Tentukanlah ketua panitia dan ketua rapat yang tepat
v  Adakanlah penilaian dengan mengontrol konklusi yang diambil oleh panitia
v  Ongkos-ongkos yang dikeluarkan hendaknya dapat dipertanggung jawabkan dengan hasil yang diperoleh
v  Biasakanlah mendokumentasikan rumus-rumus yang telah disepakat, sehingga dapat merupakan bahan-bahan yang penting untuk orgnisasikelak dikemudian hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar